Situs Pertemanan Sosial

Friendster. Mungkin beberapa dari kalian telah mengenal Friendster. Situs ini hadir sebelum masuknya Facebook ke Indonesia. Kira-kira 2 taon yang lalu, aku masih inget waktu temen-temenku lagi demam-demamnya Friendster. Situs ini memang menyediakan beberapa layanan unik. Beberapa negara, termasuk Indonesia memang sempat terjangkit virus Friendster.
Sistem kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster ini,
selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya account dengan lebih obyektif.
Ngomong-ngomong, siapa sih orang di balik kesuksesan Friendster? Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University.
Ketika perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment.
Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.

MySpace. Bentuk MySpace hampir serupa dengan Friendster, hanya saja MySpace memberikan beberapa tambahan fitur, seperti Blog, Free Email, Forum, Music, dan Game. Dari tampilan foto dan banner di situs ini, tampaknya MySpace ditujukan untuk konsumsi orang-orang dewasa.



hi5. Hi5 adalah salah satu situs social networking yang paling populer. Jutaan anggota, ribuan komentar dan gambar, messenger dengan tema, forum, hadiah, pilihan pribadi, dan masih banyak lagi. Apa yang membedakan Hi5 dengan MySpace dan situs-situs social networking lainnya? Situs ini sangat nyaman, berguna dan berhubungan dengan situs-situs lainnya seperti: parahi5.com. Semua situs itu memuat sangat banyak gambar, komentar, hadiah, wallpaper, dsb. Di Hi5 kita juga bisa menemukan sangat banyak pilihan tambahan. Kita tidak perlu keluar rumah hanya untuk bertemu dengan orang-orang baru! Tentu saja setelah bertemu dengan teman-teman baru itu kita bisa keluar dan bersenang-senang!
Saat ini, situs social networking sangat populer. Orang bisa berhubungan dengan keluarga, teman, kekasih; orang bisa bertemu dengan orang lain secara online, dan mereka bisa memperoleh sangat banyak email, chatting di MSN, Yahoo!, Google Talk, dan masih banyak lagi. Kita bisa sign in menggunakan email kita. Hiburan online, teman-teman baru dari seluruh penjuru dunia ….. mari kita nikmati situs yang hebat ini !


Facebook. Facebook bagi sebagian besar orang telah menjadi bagian dari kehidupannya. Namun, saya termasuk “pencilan” himpunan orang yang demam facebook tersebut. Saya sempat mendaftar sebuah account di facebook, namun tidak pernah saya permak karena saya memang tidak berminat dengan situs jejaring sosial. Sebelumnya saya pun menggunakan dua account friendster yang terdaftar pada tahun 2003. Namun, kedua account itu pun sudah jarang saya “jenguk” sejak awal pertengahan 2007 silam.
Demam Facebook (FB) sudah menjalar luas di masyarakat Indonesia ketika awal 2008. Sebelumnya, situs jejaring sosial yang paling top adalah Friendster (FS). Namun, pengguna FS cenderung adalah kaum remaja yang ketika menjadi dewasa akan enggan (malu) menggunakannya. Ketika FB muncul, maka orang dewasa migrasi dari FS. Namun akhir-akhir ini, tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan FB, namun anak-anak mulai merambah. Karena saya bukan “facebook mania”, saya tidak tahu mengapa orang tertarik ber-facebook-an.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Mark Zuckerberg adalah lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Dengan mempekerjakan hanya 700 orang, Facebook membukukan pendapatan sekitar 300 juta dolar atau 3 triliun rupiah per tahun. Pendapatan facebook jauh lebih besar daripada pendapatan FS yang berkisar sekitar 20-50 juta dollar atau hanya 1/10 dari pendapatan FB. FB dan FS sama-sama mendapat penghasilan melalui iklan yang dipasang pada layanan situs ini. Pendiri FB yakni Mark Zuckerberg merupakan jutawan muda terkaya dibidang internet yakni dengan kekayaan USD 700 miliar atau Rp 8.4 triliun pada tahun 2008. Beberapa pengguna facebook di Indonesia telah berhenti menggunakan Facebook lantaran Facebook dianggap mendukung aksi militer Israel ke Gaza 27 Desember 2008. Pendapatan Facebook pada tahun 2008 masih jauh dibawah pendapatan Yahoo yakni mencapai 7.2 miliar dollar dengan laba sekitar 4.1 miliar dolar.
Melalui faceb
ook ini pula, muncul forum-forum yang pernah menghangat seperti Say No To Megawati yang sempat muncul di media massa. Selain itu, banyak thread dan forum facebook yang membahas suatu topik ataupun mendukung suatu gerakan tertentu. Semoga masyarakat kita dapat memannfaatkan FB dengan bijak. Semoga situs jejaringnya seperti FB ala Indonesia bermunculan dengan layanan yang sama sehingga meningkatkan penghasilan pengusaha lokal sekaligus meningkatkan prestise dan martabat dalam dunia teknologi dan informasi.

Beberapa analisis yang dapat saya amati mengapa orang hijrah dari FS ke FB adalah :
  • Kecepatan Akses FS jauh lebih lambat dibanding FB. Lambatnya membuka halaman per halaman, membuat orang yang hidup diserba cepat akan menjadi kesal jika untuk membuka profil dan membaca pesan/message harus menunggu lama. FB pun mulai mengalami masalah yang sama.
  • Tampilan FS lebih “narsis”, sedangkan FB lebih simpel. Inilah mengapa orang dewasa sudah tidak sreg lagi menggunakan FS.
  • Poin terpenting dari facebook adalah aplikasi real time system. FB tampaknya menggabungkan sistem FS dengan sistem real time untuk chatting. Penggabungan ini membuat nilai ++ yang menjadi FB tiada duanya untuk saat ini. Sambil FB-an, ketika ada message masu k, maka akan tampil notifikasi pesan tersebut.
  • FB didesain lebih cerdas “software inteligence” dimana dapat mengrupkan kriteria-kriteria orang yang mengisi profil yang sama. Sehingga tanpa harus mencari-cari, sistem FB akan memberi informasi siapa saja teman lama, klien atau sejenisnya apabila kita memasukan informasi yang benar.
  • Integrasi dengan blackberry, iphone.
  • Ada lagi??
Fakta Kesuksesan Facebook dan Kegagalan Friendster (dan Yahoo juga)
Berdasarkan rangking situs teraktif di Indonesia versi Alexa.com yang saya himpun antara Januari 2009 dan Mei 2009, menunjukkan:
  1. Facebook : #6 (Januari) menjadi #2 (Mei)
  2. Yahoo : #2 (Januari) menjadi #3 (Mei)
  3. Friendster : #3 (Januari) menjadi #6 (Mei)
Dari data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa selama kurun waktu kurang 1/2 tahun, FB telah memposisikan dirinya menjadi situs terbesar kedua setelah google di Indonesia. Friendster terdepak jatuh ke posisi lama Facebook. Dan menariknya adalah traffic Yahoo bahkan dapat dikalahkan oleh Facebook. Meskipun frekuensi pengguna email tetap bahkan meningkat, namun jumlah pengguna chatting yahoo tetap, namun sebaliknya pengguna FB meningkat pesat terutama fasilitas real timenya. Selain fakta traffic, jumlah pengguna FB di seluruh dunia menang telak terhadap pengguna friendster. Terdapat lebih dari 200 juta pengguna aktif facebook diseluruh dunia. Angka ini jauh diatas pengguna FS yang hanya mencapai sekitar 90 juta pengguna. Padahal friendster memiliki usia 2 tahun lebih tua daripada facebook. FS dilaunching pada Maret 2002 sedangkan FB pada Februari 2004.
Friendswin dan Yuwie. Kedua situs ini baru muncul. Menurut saya, mereka lebih muda daripada Facebook. Terbukti dengan sedikitnya partisipan yang tergabung dalam situs pertemanan yang satu ini. Beda halnya dengan Facebook dan Friendster, situs ini memberikan kita bayaran! Ya, situs
ini selain menyajikan layananseperti layaknya situs sejenis lainnya, kita juga bisa memperoleh uang dari situs ini.


Yuwie adalah program komunitas dunia maya pertama yang membayar anda. Yuwie membayar kita $0.50 per seribu tampilan, dan bonus pada tiap tiap level keanggotaan sampai 10 level, bonus bervariasi antar 5-30% dari penghasilan downline tergantung levelnya. Yuwie akan membayar kita, ketika orang melihat halaman ini: halaman profile, halaman blog, melihat semua teman kita, melihat semua komentar kita, halaman foto, halaman video, jika seseorang melihat salah satu layout yang anda bagi Yuwie akan membayar kita untuk setiap halaman ini: Halaman Control Panel, Setting, Pesan, Teman, Referral, Favorite, dan lain-lain. Berikut adalah perkiraan jika anda mempunyai 3 downline dan masing masing downline mempunyai 3 downline lagi dan semuanya mempunyai page impression seribu halaman: Cara memaksimalkan pedapatan kita adalah dengan cara membangun profile yang baik, mengupload foto atau gambar dan video yang menarik (tentu saja tidak berbaupornografi selain merusak moral, Yuwie akan membanned anda kalau melakukan hal ini), serta aktif berdiskusi pada club club yang ada, atau kalau memungkinkan membangun club diskusi sendiri, aktif mengunjungi anggota lain meninggalkan pesan kepada mereka, ingat tiap komentar yang kita tinggalkan dan dibaca orang lain akan dihitung oleh Yuwie. Cara yang kedua adalah membangun jaringan downline, saat ini peluang mencari downline amat luas, sebagian pengamat memperkirakan jumlah member Yuwie akan mencapai 100 juta orang hal ini didasarkan dengan jumlah keanggotaan myspace, yang mencapai 100 juta account terhitung tanggal 9 agustus kemarin. Ada beberapa trik membangun jaringan Yuwie anda, diantaranya: Taruh link referral kita yang kita dapatkan dalam control pannel Yuwie pada bagian referral pada signature email kita, sehingga setiap kita mengirim email link referral kita dapat dilihat oleh penerima pesan kita.Taruh kalimat singkat yang mempromosikan didalam situs kita, teman teman kita, bahkan kalau perlu kita membangun situs Yuwie tersendiri, seperti yang dilakukan beberapa orang ketika mempromosikan agoloco. Pikirkan kalimat promosi yang gampang diingat, dikenal dan membuat orang penasaran, slogan slogan mempromosikan sudah banyak di Internet, seperti “Do You Yuwie ?”, atau “Yuwie After Agloco”, saya contohkan yang agak membumi dengan komunitas dunia maya indonesia yang lebih mengenal friendster dengan kalimat promosi “ Friendster yang Dibayar”, mungkin anda lebih kreatif silahkan dicoba.
Jika kita mempunyai social networking seperti friendster nampaknya lebih mudah mempromosikan Yuwie kita pomosikan dihalaman social network kita seperti di Friendster ataupun Myspace, atau kita berkeliling keteman teman kita yang dalam komunitas tersebut, dan tinggalkan link referral kita didalam kotak pesan mereka dengan kalimat promosi tentunya. Tapi sebelumnya kalau anda belum mendaftar Yuwie silahkan daftar terlebih dahulu, dengan mengklik banner dibawah: Atau Klik disini untuk bergabung dengan yuwie http://www.yuwie.com/yuwie.asp?r=102078 Selamat mencoba semoga berhasil, dan selamat datang di komunitas dunia maya pertama yang membayar anda …..


Friendswin.com Seperti yang sudah diperkirakan kehadiran Yuwie bakal membuat efek domino, yaitu munculnya program sejenis. Baru bulan Juli yang lalu Yuwie muncul, masih dalam tahap BETA, sekarang dah ada yang baru lagi. Program Social Networking that pays you back!. Hal yang menarik lainnya adalah mengenai sistem referralnya. Jika di Yuwie kita harus berjuang sendiri dalam mencari referral. Belom lagi kalo ref kita ternyata gak aktif…capek kan hehehe. Nah yang satu ini menawarkan sistem 5×8 Forced Matrix. Artinya jika kita sudah memiliki 5 referral di Level 1, maka ref ke-6 otomatis berada di Level 2 dan menjadi salah satu referralnya yang di Level 1, begitu seterusnya. Sehingga memliki upline justru menjadi hal yang penting, karena siapa tahu kita bisa kelimpahan referral dari upline kita hehehe. Hanya saja karena masih dalam tahap Pre-Launch, maka informasi-informasi penting mengenai apa dan bagaimana kita bisa mendapatkan pembayarannya tidak dapat diketahui dengan jelas. Namun dengan tingginya minat untuk bersosialisai secara online (FS mengklaim mempunyai 44 juta anggota). Program ini bisa menjadi Hit of the year.

0 comments:

Ads

Ads

Needs???